TERJEMAHAN

MENU TANBAHAN

ARSIP BLOG

PENGIKUT

Pengunjung

PESAN

Diberdayakan oleh Blogger.
Jumat, 08 Maret 2013

Tentang Ujian Nasional Tahun 2013

Ujian Nasional Tahun 2013 ada Sejumlah Perubahan



Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah berencana menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) Tahun 2013 dengan melakukan sejumlah perubahan, termasuk di antaranya dengan menambah variasi soal.

1. Setiap peserta didik dalam satu kelas akan mengerjakan soal yang berbeda semua. Ini yang diuji

kemampuan perseorangan, bukan kolektif," katanya.

2. Tahun lalu tingkat kesulitan soal adalah 10 persen mudah, 80 persen sedang, dan 10 persen sukar. Formulasinya tahun ini kemungkinan menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar.

3. Naskah soal dan lembar jawaban tidak terpisah atau menjadi satu kesatuan. Naskah soal dan lembar jawaban juga dilengkapi barcode atau kode khusus yang sama antara soal dan lembar jawaban

4. Jika naskah soal atau lembar jawabannya rusak maka harus diganti dua-duanya,

5.  Bentuk pengawasan pelaksanaan pun akan diperketat dengan memberi sanksi lebih berat. Sanksi bukan hanya berlaku kepada siswa, melainkan juga guru dan pengawas.

6.  Untuk ujian kesetaraan, pelaksanaan ujian program Paket A, B, dan C akan dilakukan bersamaan dengan UN reguler agar peserta memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. ”Paket A bersamaan dengan SMA, Paket B dengan SMP, dan Paket C dengan SD

Demikian beberapa perbedaan pelaksanaan  Ujian Nasional tahun ini, semoga bermanfat.

                                  Salam dari : JawaM@dura.com

0 komentar: