TERJEMAHAN

MENU TANBAHAN

ARSIP BLOG

PENGIKUT

Pengunjung

PESAN

Diberdayakan oleh Blogger.
Jumat, 21 Oktober 2011

Blog

Blog

1. Pengertian 


Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.


 2. Komunitas


Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari ( para blogger) berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.


3. Mamfaat.



a. e-Learning

Blog dapat dikategorikan sebagai e learning, dalam tulisannya Rosenberg (2001) beliau mengungkapkan bahwa e learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan. Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif, misalnya sebuah komunitas guru di sebuah sekolahan rame-rame membuat blog yang isi atau konten sebuah blog menyangkut mata pelajaran yang di ampu masing-masing guru. Kemudian ada siswa yang mengakses blog tersebut, Si siswa mengisi komentar di blog, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa di batasi sebuah protokoler antara guru dan murid. Dalam hitungan saat ini jumlah mata pelajaran di sekolah tidak lebih dari 20 macam. Jadi jika setiap kabupaten ada guru yang aktif ngeblog untuk 1 fokus pelajaran tertentu maka pendidikan Indonesia dengan cepat majunya. Sebab isi blog bisa apa saja, bahkan akan sangat menggigit. Dan tidak akan keluar jalur, karena pengunjung blog bisa saja memberi kritiknya. Setidaknya demi penghematan biaya yg harus dikeluarkan untuk kegiatan sosialisasi atau penataran-penataran.
 
b. Media

Media  adalah  sebuah  alat  yang  mempunyai  fungsi  menyampaikan  pesan   (Bovee,   1997).   Media   merupakan   bentuk   jamak   dari   kata  “medium”  yang  berasal  dari bahasa latin  yang  berarti  “antara”. Istilah  media   dapat   kita   artikan   sebagai   segala   sesuatu   yang   menjadi  perantara   atau   penyampai   informasi   dari   pengirim   pesan   kepada  penerima pesan.   Berbicara  mengenai  media  tentunya  kita  akan  mempunyai  cakupan  yang sangat luas, oleh karena itu saat ini masalah media kita batasi ke  arah  yang  relevan  dengan  masalah  pembelajaran  saja  atau  yang  dikenal  sebagai  media  pembelajaran.  Briggs  menyebutkan  bahwa  media  adalah  segala  alat  fisik  yang  dapat  menyajikan  pesan  serta  merangsang siswa untuk belajar. Sementara itu Schramm berpendapat  bahwa  media  merupakan  teknologi  pembawa  informasi  atau  pesan  instruksional  yang  dapat  dimanipulasi,  dilihat,  didengar  dan  dibaca. 
 
Dari paparan diatas, Blog juga dapat menjadi media alternatif untuk menyampaikan materi pembelajaran pada siswa dan siswa dapat berinteraksi dengan gurunya dimana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu, siswa dapat menerima materi baru, mengerjakan tugas-tugas, menjawab latihan-latihan yang diberikan, mengungkapkan usul, komentar dan uneg-uneg tanpa rasa sungkan, takut salah, dlsb, yang terpenting dari media ini siswa dapat belajar menulis, berupa karangan deskriptif, melalui media yang dilihatnya.
Selain itu guru juga akan mudah melakukan ekspresi diri. Temuan-temuan praktis dari dunia pembelajaran bisa diangkat dan menjadi sebuah wacana yang menarik dalam sebuah blog sehingga bisa memancing siapa pun yang memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan untuk berkomentar atau berdiskusi. Bukankah ini sebuah “kekuatan” yang hampir tidak dimiliki oleh media mana pun?

c. Komunikasi

Blog juga sebagai media sosial seperti media sosial yang telah banyak di kenal oleh masyarakat dan siswa-siswi kita, seperti : Facebook, Twitter dlsb. Blog mempunyai kelebihan tersendiri jika dibandingkan kedua media sosial yang disebutkan tadi, kelebihannya media sosial ini dapat menyimpan materi dengan istilah " draft " dalam Blog, sedangkan kedua media di atas tidak ada fasilitas penyimpan berkas sebelum dipublikasikan atau diterbitkan di dunia maya. 

c. Personal Branding

Melalui media ini masyarakat dunia maya akan mengetahui jatidiri, dan keakhlian anda.

d. Promosi

Media ini juga dapat sebagai media promosi, seperti : Buku Materi Pelajaran, Media Pembelajaran dll, yang anda ciptakan sendiri.

e. Relasi Baru

Melalui media ini anda akan mendapatkan teman baru dan dapat terhubung dengan media sosial yang lain seperti : Facebook, Twitter dlsb.

f. Penghasilan

Media ini dapat menjadi tambahan penghasilan baru, ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
  • Direct Income – Blog menjadi ‘sumber uang ’ anda. Update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan pengunjung ke blog anda. Bisa dengan menjual karya-karya anda, Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review.
  • Indirect Income – Blog gunakan sebagai media promosi bisnis anda.
g. Simpan Data


Blog dapat menyimpan dokumen pribadi, berupa : foto, video, data berupa: word, excel, ppt, dll, aman , gratis dan terbebas dari virus, data-data anda dapat diakses dimana saja anda berada, tentunya harus terhubung dengan internet.


salam, s.malik.smpn1ganding 

Kunjungi Blog saya:




Kunjungi Website saya:

    0 komentar: