TERJEMAHAN
MENU TANBAHAN
- Prota
- Promes
- B S E
- Materi Pelajaran
- Soal Latihan
- Artikel
- KBBI
- Soal Online
- Blog
- Daftar Anggota
LINK EDUKASI
ARSIP BLOG
PENGIKUT
Pengunjung
Diberdayakan oleh Blogger.
Selasa, 24 Maret 2015
PERSIAPAN MENGHADAPI UN 2015
8:07:00 AM |
Diposting oleh
mgmpbin@blogspot.com
Pada edisi yang lalu telah disampaikan SKL yang akan diujikan dalam UN. Jumlah SKL bidang membaca dan menulis sebanyak 26. Dari jumlah SKL tersebut dikembangkan menjadi 50 butir soal sebagaimana kita lihat dalam daftar berikut:
IDENTIFIKASI BAHAN PENGEMBANGAN SOAL UN BIN
Kompetensi
|
Indikator/Contoh Soal
(perintah/pernyataan/pertanyaan/pokok [stem]
soal):
|
Materi
|
Membaca
|
1.
Mengidentifikasi
isi dan bagian suatu teks.
Gagasan utama paragraf di atas adalah....
Ide pokokparagraftersebutadalah
….
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor.... (pada bagian awal setiap kalimat dibubuhi
nomor, misal (1)
|
§ Gagasan utama
§ Gagasan penjelas
§ Kalimat utama
§ Kalimat penjelas
|
2.
Menentukan
persamaan isi berita.
Bacalah kutipan teks berita berikut dengan
saksama kemudian kerjakan soal nomor ...!
Kesamaan informasi kedua kutipan tersebut
adalah ...
|
§ Isi berita (adiksimba)
§ Langgam/gaya penyajian berita (hard news)
|
|
3.
Menentukan
perbedaan penyajian berita.
Bacalah kutipan teks berita berikut dengan
saksama kemudian kerjakan soal nomor ...!
Perbedaan penyajian teks tersebut adalah
.... (pada pilihan jawaban dirinci apa, siapa, di mana, bilamana, mengapa,
dan bagaimana)
|
||
4.
Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan.
Maksudisikalimat
(nomorkal. …) dari iklan tersebut
adalah ….
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi
tersebut adalah ….
Sifat yang baik untuk diteladani dari tokoh tersebut
adalah
|
§ Isi teks
§ Karakteristik/ ciri teks
§ Komponen/ struktur teks
|
|
5.
Menentukan
kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
Bacalah kutipan berikut!
Kalimat fakta pada iklan tersebut ditandainomor ....
|
§ Kalimat pendapat/opini
|
|
6.
Menyimpulkan isi
paragraf.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
|
§ Simpulan paragraf
|
|
7.
Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah.
Perhatikan grafik berikut!
Penjelasan isi grafik tersebut adalah ....
Perhatikan tabel berikut!
Simpulanisi tabel tersebut adalah ....
Perhatikan bagan berikut!
Pernyataan yang
sesuai dengan isi bagan
tersebut adalah ...
Perhatikan denah berikut!
Jalan (perjalanan) paling dekat dilalui (misalnya: karyawan) dari (misalnya: RSUD)
yang aka ke (misalnya: masjid) adalah ....
|
§ Penjelasana isi grafik, tabel, bagan, denah
§ simpulan yang sesuai isi grafik, tabel, bagan, denah
§ Pernyataan yang tidak sesuai isi grafik, tabel, bagan,
denah
§ Penjelasan isi grafik, tabel, bagan, denah
|
|
8.
Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi.
Tema puisi tersebut adalah ….
Larik bermajas
pada puisi tersebut adalah ….
Perbedaan pesan kedua puisi tersebut adalah ….
|
§ Tema
§ Majas
§ Amanat
(Latar,Tujuan?)
|
|
9.
Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.
Latar tempat pada kutipan
cerpen tersebut
adalah ….
Bukti kalau tokoh aku (suka menolong) terdapat pada kalimat nomor….
Watak tokoh aku digambarkan
melalui ….
Amanat cerita tersebut adalah ….
Amanat kutipan
cerita anak tersbut adalah….
Konflik yang
terdapat dalam cerita tersebut
adalah….
|
§ Tema
§ Latar
§ Tokoh
§ Penokohan
§ Alur
§ Konflik
§ Amanat
|
|
10.
Mengidentifikasi perbedaan
karakteristik dua novel.
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel
tersebut adalah …..
(Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel tersebut
adalah ....)
|
Perbedaan karakteristik (pola pikir,
budaya, tema, penokohan, sudut pandang)
|
|
11.
Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama.
Suasana yang
tergambar pada kutipan tersebut
adalah ….
Latar tempat kutipan naskah drama tersebut
adalah ….
|
§ Tema
- Alur
§ Tokoh
- Konflik
§ Penokohan - Nilai
§ Latar
- Amanat
|
|
Menulis
|
12.
Menulis catatan pengalaman pada buku harian
Penulisan catatan
harian (misalnya:
nama penulis) sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah ….
|
§ Menulis buku harian berdasarkan ilustrasi
|
13. Menulis pesan
singkat sesuai konteks.
Perhatikan pesan singkat berikut!
Isi pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi
tersebut adalah
....
|
Menulis pesan singkat berdasarkan ilustrasi
(Melengkapi pesan singkat yang dirumpangkan)
|
|
14.
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
Paragraf resensi yang tepat adalah ….
Urutan kalimat yang paling tepat agar menjadi paragraf yang runtut adalah …. (menulis laporan)
Isi pengumuman yang
sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah ….
|
§ Menulis paragraf resensi
§ Mengurutkan kalimat dalam paragraf laporan
§ Menulis pengumuman
Komponen dan struktur resensi (identitas
buku, rangkuman/ringkas-an, keunggulan [kelemahan], saran penulis resensi)
|
|
15.
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat
pembaca.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat (surat pribadi) tersebut adalah ….
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian penutup surat (surat resmi) tersebut adalah ….
Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat pembaca tersebut
adalah ….
|
Melengkapi surat pribadi yang rumpang
Melengkapi surat resmi yang rumpang
Menyempurnakan penulisan surat pembaca
Komponen dan struktur surat (pribadi,
resmi, pembaca)
|
|
16.
Menulis rangkuman.
Bacalah bacaan berikut dengan saksama!
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah
....
|
Menulis rangkuman berdasarkan bacaan
|
|
17.
Menulis teks berita sesuai konteks.
Teks berita yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
|
Menulis berita (hard news) sesuai karakteristik (teras, bodi, koda: kerucut
terbalik) dan langgam bahasa berita (berdasarkan ilustrasi)
|
|
18. Menulis slogan
sesuai konteks.
Bacalah ilustrasi berikut!
Slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah
....
|
Menulis slogan berdasarkan ilustrasi
|
|
19.Menulis iklan sesuai konteks.
Cermatilah ilustrasi berikut!
Iklanbaris yang
tepatberdasarkanilustrasitersebutadalah ….
|
Menulis iklan sesuai dengan ilustrasi: (karakteristik dan
bahasa iklan [fakta, opini, bahasa persuasi])
|
|
20. Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
Susunan petunjuk yang tepat berdasarkan
kalimat-kalimat tersebut
adalah ….
Kalimat yang tepat untuk bagian rumpang
petunjuk tersebut
adalah …. (petunjuk dirumpangkan beberapa
kalimat)
|
Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu
Melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
|
|
21. Menulis teks pidato.
Perbaikan penggunaan
kalimat sapaan yang tepat adalah …
Paragraf pembuka pidato berdasarkan ilustrasi
tersebut adalah ….
|
Menulis pidato berdasarkan ilustrasi
kegiatan
Melengkapi pidato yang rumpang
|
|
22. Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
ilmiah/daftar pustaka.
Bacalah tema berikut!
Rumusan masalah berdasarkan tema tersebut adalah . . . .
Kalimat saran yang
tepat sesuai dengan simpulan
tersebut adalah ….
Perhatikan data buku berikut dengan
saksama!
Bentuk penulisan daftar pustaka yang tepat
untuk kedua buku tersebut adalah . . . .
|
Perumusan permasalahan karya ilmiah
Simpulan/saran
Menulis daftar pustaka (APhA)
|
|
23. Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
Kalimat efektif
hasil perbaikan
dari kalimat
tersebut yang
tepatadalah ….
Kata yang huruf pertamanya
harus ditulis
dengan huruf capital ditandai
dengan nomor ….
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut
adalah ….
Penggunaan huruf kapital (tanda baca koma, petik, ....) yang
tepat pada kalimat tersebut adalah....
|
Keefektifan kalimat
Ketepatan ejaan
Penggunaan tanda baca
Ketepatan pilihan kata
|
|
24. Melengkapi pantun.
Agar menjadipantun
yang baik, larik yang tepatuntukmelengkapinyaadalah ….
|
Melengkapi pantun yang rumpang
Menulis pantun berdasarkan ilustrasi
|
|
25. Melengkapi puisi.
Kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ….
Larik bermajas
untuk melengkapi
puisi tersebut agar memiliki kesatuan
makna adalah ….
|
Melengkapi puisi rumpang
Menulis puisi berdasarkan ilustrasi
|
|
26. Melengkapi naskah drama.
Perbaikan petunjuk
lakuan pada dialog (nomor dialog) adalah ….
Petunjuk lakuan yang tepat untuk melengkapi kutipan
naskah drama
tersebut adalah ….
Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian teks drama yang rumpang tersebut
adalah ….
|
Menulis drama berdasarkan ilustrasi
Melengkapi drama yang rumpang
|
Demikian, semoga bermanfaat.
Salam silaturrahim dari : JawaMadur@.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar