TERJEMAHAN

MENU TANBAHAN

ARSIP BLOG

PENGIKUT

Pengunjung

PESAN

Diberdayakan oleh Blogger.
Selasa, 24 Maret 2015

PERSIAPAN MENGHADAPI UN 2015

            Pada edisi yang lalu telah disampaikan SKL yang akan diujikan  dalam UN.  Jumlah SKL bidang membaca dan menulis sebanyak 26. Dari jumlah SKL  tersebut dikembangkan menjadi 50 butir soal sebagaimana kita lihat dalam daftar berikut:



IDENTIFIKASI BAHAN PENGEMBANGAN SOAL UN BIN
Kompetensi
Indikator/Contoh Soal (perintah/pernyataan/pertanyaan/pokok [stem] soal):
Materi
Membaca
1.     Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
Gagasan utama paragraf di atas adalah....
Ide pokokparagraftersebutadalah ….
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor.... (pada bagian awal setiap kalimat dibubuhi nomor, misal (1)
§ Gagasan utama
§ Gagasan penjelas
§ Kalimat utama
§ Kalimat penjelas
2.     Menentukan persamaan isi berita.
Bacalah kutipan teks berita berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor ...!
Kesamaan informasi kedua kutipan tersebut adalah ...
§  Isi berita (adiksimba)
§ Langgam/gaya penyajian berita (hard news)
3.     Menentukan perbedaan penyajian berita.
Bacalah kutipan teks berita berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor ...!
Perbedaan penyajian teks tersebut adalah .... (pada pilihan jawaban dirinci apa, siapa, di mana, bilamana, mengapa, dan bagaimana)
4.     Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
Maksudisikalimat (nomorkal. …) dari iklan tersebut adalah ….
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut adalah ….
Sifat  yang baik untuk diteladani dari tokoh tersebut adalah

§  Isi teks
§  Karakteristik/ ciri teks
§  Komponen/ struktur teks
5.     Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
Bacalah kutipan berikut!
Kalimat fakta pada iklan tersebut ditandainomor ....
§  Kalimat fakta
§  Kalimat pendapat/opini
6.     Menyimpulkan isi paragraf.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
§  Simpulan paragraf
7.     Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
Perhatikan grafik berikut!
Penjelasan isi grafik tersebut adalah ....
Perhatikan tabel berikut!
Simpulanisi tabel tersebut adalah ....
Perhatikan bagan berikut!
Pernyataan  yang sesuai dengan isi bagan tersebut adalah ...
Perhatikan denah berikut!
Jalan (perjalanan) paling dekat dilalui (misalnya: karyawan) dari (misalnya: RSUD) yang aka ke (misalnya: masjid) adalah ....

§  Penjelasana isi grafik, tabel, bagan, denah
§  simpulan yang sesuai isi grafik, tabel, bagan, denah
§  Pernyataan yang tidak sesuai isi grafik, tabel, bagan, denah
§  Penjelasan isi grafik, tabel, bagan, denah
8.     Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
Tema puisi tersebut adalah ….
Larik bermajas pada puisi tersebut adalah ….
Perbedaan pesan kedua puisi tersebut adalah ….
§  Tema
§  Majas
§  Amanat
(Latar,Tujuan?)
9.     Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.
Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
Bukti kalau tokoh aku (suka menolong) terdapat pada kalimat nomor….
Watak tokoh aku digambarkan melalui ….
Amanat cerita tersebut adalah ….
Amanat kutipan cerita anak tersbut adalah….
Konflik yang terdapat dalam cerita tersebut adalah….

§  Tema
§  Latar
§  Tokoh
§  Penokohan
§  Alur
§  Konflik
§  Amanat

10.                Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah …..
(Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel tersebut adalah ....)

Perbedaan karakteristik (pola pikir, budaya, tema, penokohan, sudut pandang)
11.            Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
Suasana yang tergambar pada kutipan tersebut adalah ….
Latar tempat kutipan naskah drama tersebut adalah ….
§  Tema              -  Alur
§  Tokoh             -  Konflik
§  Penokohan      -  Nilai
§  Latar               - Amanat
Menulis
12.                 Menulis catatan  pengalaman pada buku harian
Penulisan catatan harian (misalnya: nama penulis) sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….

§  Menulis buku harian berdasarkan ilustrasi
13.    Menulis pesan singkat sesuai konteks.
Perhatikan pesan singkat berikut!
Isi pesan singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....

Menulis pesan singkat berdasarkan ilustrasi
(Melengkapi pesan singkat yang dirumpangkan)
14.        Menulis laporan/pengumuman/resensi.

Paragraf  resensi yang tepat adalah ….
Urutan kalimat yang paling tepat agar menjadi paragraf yang runtut adalah …. (menulis laporan)
Isi pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
§  Menulis paragraf resensi
§  Mengurutkan kalimat dalam paragraf laporan
§  Menulis pengumuman
Komponen dan struktur resensi (identitas buku, rangkuman/ringkas-an, keunggulan [kelemahan], saran penulis resensi)
15.                 Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat (surat pribadi) tersebut adalah ….
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian penutup surat (surat resmi) tersebut adalah ….
Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat pembaca tersebut adalah ….

Melengkapi surat pribadi yang rumpang
Melengkapi surat resmi yang rumpang
Menyempurnakan penulisan surat pembaca
Komponen dan struktur surat (pribadi, resmi, pembaca)
16.                  Menulis rangkuman.
Bacalah bacaan berikut dengan saksama!
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah ....

Menulis rangkuman berdasarkan bacaan
17.                  Menulis teks berita sesuai konteks.

Teks berita yang tepat sesuai  dengan ilustrasi tersebut adalah ….
Menulis berita (hard news) sesuai karakteristik (teras, bodi, koda: kerucut terbalik) dan langgam bahasa berita (berdasarkan ilustrasi)
18.    Menulis slogan sesuai konteks.
Bacalah ilustrasi berikut!
Slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....

Menulis slogan berdasarkan ilustrasi
19.Menulis iklan sesuai konteks.
Cermatilah ilustrasi berikut!
Iklanbaris yang tepatberdasarkanilustrasitersebutadalah ….

Menulis iklan sesuai dengan ilustrasi: (karakteristik  dan bahasa iklan [fakta, opini, bahasa persuasi])
20. Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.

Susunan petunjuk yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ….
Kalimat yang tepat untuk bagian rumpang petunjuk tersebut adalah …. (petunjuk dirumpangkan beberapa kalimat)

Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu
Melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
21. Menulis teks pidato.
Perbaikan penggunaan kalimat sapaan yang tepat adalah …
Paragraf  pembuka pidato berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….


Menulis pidato berdasarkan ilustrasi kegiatan
Melengkapi pidato yang rumpang
22. Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.

Bacalah tema berikut!
Rumusan masalah berdasarkan tema tersebut adalah . . . .
Kalimat saran yang tepat sesuai dengan simpulan tersebut adalah ….
Perhatikan data buku berikut dengan saksama!
Bentuk penulisan daftar pustaka yang tepat untuk kedua buku tersebut adalah . . . .

Perumusan permasalahan karya ilmiah

Simpulan/saran

Menulis daftar pustaka  (APhA)
23. Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
Kalimat efektif hasil perbaikan dari kalimat tersebut yang tepatadalah ….
Kata yang huruf pertamanya harus ditulis dengan huruf capital ditandai dengan nomor ….
 Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ….
Penggunaan  huruf  kapital (tanda baca koma, petik, ....) yang tepat pada kalimat tersebut adalah....

Keefektifan kalimat

Ketepatan ejaan

Penggunaan tanda baca

Ketepatan pilihan kata

24. Melengkapi pantun.
Agar menjadipantun yang baik, larik yang tepatuntukmelengkapinyaadalah ….

Melengkapi pantun yang rumpang
Menulis pantun berdasarkan ilustrasi

25. Melengkapi puisi.
Kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ….
Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut agar  memiliki kesatuan makna adalah ….

Melengkapi puisi rumpang 

Menulis puisi berdasarkan ilustrasi

26. Melengkapi naskah drama.
Perbaikan petunjuk lakuan pada dialog (nomor dialog) adalah ….
Petunjuk lakuan yang tepat untuk melengkapi kutipan naskah drama tersebut adalah ….
Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian teks drama yang rumpang tersebut adalah ….
 
Menulis drama berdasarkan ilustrasi

Melengkapi drama yang rumpang

 Demikian, semoga bermanfaat. 
                                                                    Salam silaturrahim dari : JawaMadur@.com

0 komentar: