TERJEMAHAN
MENU TANBAHAN
- Prota
- Promes
- B S E
- Materi Pelajaran
- Soal Latihan
- Artikel
- KBBI
- Soal Online
- Blog
- Daftar Anggota
LINK EDUKASI
ARSIP BLOG
PENGIKUT
Pengunjung
Diberdayakan oleh Blogger.
Senin, 16 Maret 2015
KISI-KISI UN 2014--2015
8:46:00 AM |
Diposting oleh
mgmpbin@blogspot.com
Ujian Nasional waktunya sudah dekat. Para orangtua siswa kelas IX (untuk tingkat SMP) sudah mulai khawatir takut anaknya tidak bisa mengikuti Ujian Nasional dengan baik atau paling tidak menginginkan agar anaknya mendapat nilai yang baik dan lulus SMP. Selain itu pihak sekolah juga sudah melakukan persiapan-persiapan mengantapaisipasi agar para siswanya bisa mengikuti Ujian Nasional dengan baik dan mendapatkan nilai baik serta semua siswanya bisa lulus.
Bagi guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, barangkali kisi-kisi berikut dapat membantu untuk memberikan bimbingan kepada siswa kelas IX.
KISI-KISI UN SMP/MTs
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
No
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
(BUTIR SOAL)
|
1.
|
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra
(biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta,
denah), berbagaikaryasastra (puisi, antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen,
cerita anak, buku cerita anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
|
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
|
1
|
Menentukan persamaan isi berita.
|
1
|
||
Menentukan perbedaan penyajian berita.
|
1
|
||
Mengidentifikasiisiteksbiografi/iklan.
|
4
|
||
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
|
1
|
||
Menyimpulkan isi paragraf.
|
1
|
||
Mengidentifikasi isi grafik,
tabel, bagan, denah.
|
4
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
|
3
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.
|
5
|
||
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
|
2
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik
drama.
|
2
|
||
2.
|
Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata
yang bervarias idan efektif dalam bentuk bukuharian, suratpri badi, surat dinas, narasi dan pesan singkat,
laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teksberita, slogan/ poster, iklan,
resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karyailmiah;
menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
|
Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
|
1
|
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
|
1
|
||
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
|
3
|
||
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
|
3
|
||
Menulis rangkuman.
|
1
|
||
Menulis teks berita sesuai konteks.
|
1
|
||
Menulis slogan sesuai konteks.
|
1
|
||
Menulis iklan sesuai konteks.
|
1
|
||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
|
2
|
||
Menulis tek spidato.
|
2
|
||
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
|
3
|
||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
|
3
|
||
Melengkapi pantun.
|
1
|
||
Melengkapi puisi.
|
1
|
||
Melengkapi naskah drama.
|
1
|
||
Jumlah soal
|
50 Soal
|
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar