click to generate your own text

TERJEMAHAN

MENU TANBAHAN

ARSIP BLOG

PENGIKUT

Pengunjung

PESAN

Diberdayakan oleh Blogger.
Selasa, 29 November 2011

Selamat Tahun Baru Hijriyah 1433

         Setiap menjelang pergantian tahun, setidaknya ada dua hal penting yang perlu dimaknai. Pertama, melakukan refleksi berdasarkan peristiwa dan pengalaman hidup setahun silam. Kedua, menentukan langkah perubahan untuk setahun mendatang. Setidaknya tahun baru harus senantiasa membawa semangat perubahan. Pertautan antara peristiwa masa silam dan apa yang akan terjadi setahun mendatang merupakan sebuah siklus kehidupan yang mesti dilalui. Peristiwa masa lalu menjadi sebuah pengalaman berharga sebagai “modal” kehidupan untuk menjalani dinamika hidup pada tahun-tahun mendatang.

Baca selengkapnya
      Dalam situasi “transisi” semacam itu banyak komunitas dan kelompok masyarakat tertentu yang menggelar berbagai agenda malam tirakatan atau doa bersama sebagai pengejawantahan sikap religius yang diyakini akan mampu menumbuhkan kekuatan baru untuk memasuki tahun baru. Bahkan, tak jarang orang menempuh berbagai “laku” spiritual untuk mendapatkan “kekuatan” baru guna menumbuhkan semangat dan optimisme hidup. Meski secara rasional seringkali laku-laku spiritual, semacam kungkum, nyepi, dan semacamnya, dinilai tidak logis dan “nyleneh”, namun sebagian orang memaknainya sebagai sebuah “sugesti” untuk menumbuhkan semangat perubahan itu.Tradisi dan laku spiritual semacam itu memang tidak harus dipahami secara sempit sebagai sebuah kelatahan budaya. Setiap orang memiliki caranya sendiri dalam memasuki momen pergantian tahun. Nah, bagaimana cara kita menyambut Tahun Baru 1433 Hijrah?

Terlepas dari cara dan laku penyambutan apa pun yang kita lakukan, semoga Tahun Baru 1433 Hijrah benar-benar membawa semangat perubahan dan menjadi sebuah “entry point” untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Nah, selamat memasuki Tahun Baru1433 Hijriyah, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Rahmat-Nya kepada kita semua sebagai khalifah di muka bumi.







0 komentar: