"Upacara peringatan hari guru ini akan dipusatkan di area monumen Arek Lancor, Pamekasan," kata Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pamekasan, Akhmad Nawawi, Kamis.
Baca selengkapnya di sini !
Peringatan hari guru yang rencananya akan dihadiri Gubernur Jatim, Soekarwo dan bertempat di Kabupaten Pamekasan ini merupakan kegiatan Pemprov Jatim dan PGRI Pamekasan hanya sebagai panitia pelaksana lokal.

Selain menggelar upacara, ada beberapa jenis kegiatan lain yang juga digelar sebagai rangkaian kegiatan dari peringatan hari guru kali ini.

"Antara lain pameran pendidikan dan keaksaraan fungsional," kata Nawawi menjelaskan.

Berbagai jenis musik tradisional hasil pembinaan para guru di berbagai wilayah Kabupaten di Pulau Madura akan ditampilkan pada acara peringatan hari guru se-Jawa Timur ini.

Menurut Ketua PGRI Akhmad Nawawi, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, khusus pengamanan apel guru yang akan digelar pada Sabtu (26/11) mendatang.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian Polres Pamekasan guna mengamankan kegiatan yang akan melibatkan banyak orang," ujarnya.

Semua jalur lalu lintas dalam kota Pamekasan, terutama di sekitar monumen Arek Lancor yang merupakan pusat kegiatan peringatan hari guru diperkirakan akan macet.

"Tapi petugas kepolisian dari jajaran Polres Pamekasan telah menyediakan pengaturan jalur alternatif, yakni melalu jalur lingkar selatan," kata Akhmad Nawawi.

Jenis kesenian yang disepakati akan ditampilkan pada peringatan hari guru seJawa Timur di Pamekasan antara lain, tari "Muang Sangkal" asal Sumenep dan tari "Topeng Gethak" asal Kabupaten Pamekasan. (*)